Perkenalkan, nama saya Peter Halim berasal dari Bekasi. Selain untuk memperluas persahabatan dan mencari teman. Saya juga ingin berbagi pengetahuan - pengetahuan yang unik yang dapat anda temukan disekitar kita. Untuk blog ini saya berfokus tentang bagaimana kita menjaga kesehatan dan meningkatkan pergaulan dengan sesama, baik dalam berkeluarga dan di ruang kerja sehingga mutu kualitas diri kita menjadi SEMPURNA. Terlepas dari itu, mungkin masih banyak penyempurnaan yang perlu saya lakukan pada blog ini, semoga rekan - rekan sekalian mau memberi saran dan kritik tentang blog saya ini.
 

Mencari Uang Tambahan


Mungkin sebagian orang sering berpikir bahwa penghasilan yang didapatkan selama ini tidak bisa mencukupi semua kebutuhan yang diperlukan, oleh karenaya tak jarang terlintas untuk mencari uang tambahan sebagai pemasukan tambahan sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dengan baik. Mencari uang tambahan biasanya sering dipikirkan bagi mereka yang selama ini bekerja sebagai karyawan kantor. Memang dalam mencari penghasilan tambahan ini biasanya waktunya lebih flexible jika dibandingkan dengan pekerjaan utama. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam menekuni pekerjaan di luar pekerjaan utama juga diperlukan kedisiplinan yang konsisten untuk dilakukan dengan benar, jika tidak maka penghasilan tambahan yang diharapkan tersebut akan berakhir seperti umur jagung yang tidak lama karena di jalankan dengan tidak konsisten.
Ingat dengan aturan mainnya yah…Jika kita adalah karyawan kantor maka sebaiknya kita jangan menggunakan fasilitas kantor kita untuk menunjang pekerjaan sampingan kita. Jangan lupa sampai korupsi waktu jam kantor karena sebagai karyawan yang baik kita memiliki kewajiban moral yang baik dengan menggunakan waktu jam kantor untuk keperluan pekerjaan di kantor karena bagaimanapun juga kita telah dibayar dan mendapatkan gaji untuk hal itu. Bagaimana dengan menggunakan jam istirahat kantor, hmm…sepanjang hal itu dapat dilakukan dan merasa tidak menguras fisik kita maka mengapa tidak dilakukan. Kemudian satu hal lagi yang perlu diingat yaitu berusaha semaksimal mungkin secara professional memisahkan antara penghasilan dan uang untuk menjalankan pekerjaan sampingan dengan keuangan dari pekerjaan utama. Hal ini bertujuan agar dapat lebih mudah dalam mengkoordinir dan menganalisa perkembangan usaha sampingan kita.
Berikut ini mungkin beberapa point hal yang harus kita sikapi dan perlu diperhatikan agar usaha sampingan kita lancar:

Berani untuk memulai
Seperti yang kita ketahui, tentunya kita tidak akan tahu dimana letak kesuksesan kita jika kita tidak melakukan trial dan error. Oleh karena itu diperlukan keberanian untuk memulai hal itu semua. Jangan takut atau malas jika menekuni suatu bisnis sampingan maka hasil yang diperoleh tidak terlalu signifikan atau untung yang didapat tidak seberapa. Karena bisanya memang untuk awal-awal dam membangun suatu usaha uang yang didapatkankan memang paling sulit dan sebenarnya disinilah diuji kemampuan jati diri kita dalam berwirausaha. Selalulah untuk berpikir bahwa usaha sampingan yang kita tekuni ini akan berhasil. Selain selalu berpikir positif maka jangan lupa untuk menyiapkan mental jika kelak kita menemukan kegagalan dan menjalankan usaha sampingan dan jadikan hal sebagai pengalaman untuk mencari peluang usaha yang lebih baik.

Jangan terpatok pada modal
Sudah menjadi rahasia umum yang salah jika banyak yang mengatakan untuk mendapatkan kesuksesan dalam berusaha maka diperlukan uang yang banyak sebagai modal. Dan tekadang  stikma seperti ini membuat orang menjadi menyerah sebelum berperang. Jadi teringat dengan saya waktu itu dia berniat membuat usaha samping untuk tambahan uang jajan sambil kuliah. Dan coba tebak apa yang dia lakukan? Dia meminta modal 100 juta rupiah kepada orang tuanya. Alhasil karena orang tuanya juga jeli, bukannya uang yang didapatkan. Orang tuanya mengatakan untuk memulai suatu usaha tidak diperlukan modal yang besar tapi bisa memanfaatkan potensi dari diri sendiri dan potensi lingkungan.
Tapi memang benar perkataan orang tua itu, jika ingin sukses kita harus dari bawah sehingga begitu mendapatkan kesuksesan maka rasa akan lebih “Mak Nyus” kata Bondan . Kita harus realistis karena hanya 1 dari seribu keadaan yang memungkinkan kita terlahir dengan segala hal yang kecukupan. Karir kita ada ditangan kita dan bagaimana untuk mengelolanya.
Usahkan untuk menggunakan modal dari kantong pribadi dengan sekecil-kecilnya. Dalam hal ini kita mungkin bisa membuat proposal tentang usaha kita kemudian dapat kita ajukan untuk menarik orang-orang yang kita kenal untuk menamkan modal. Bisa juga kita memanfaatkan potensi konsumen dengan system menggunakan uang konsumen untuk membeli barang dengan kata lain jika kita berjualan produk tertentu maka kita bisa memanfaatkan dari uang order dari konsumen kemudian kita belikan ke produsen central sehingga kita dapat komisi sekian persent.
Terkadang selain modal yang tidak ada, kebanyakan orang juga bingung mau menjalankan bisnis sampingan apa. Untuk hal ini sebaiknya kita memulai interopeksi dari diri sendiri. Misal dengan melakukan eksplorasi yang lebih mendalam mengenai bakat dan hobi yang kita miliki. Karena banyak orang yang sukses berasal dari bakat dan hobi diri sendiri. Seperti misalnya jika kamu suka dengan dunia fashion maka kenapa tidak untuk mencoba menjual busana pakaian seperti kebaya modern yang mungkin dapat diawali dari mulut ke mulut teman kita!

Selaraskan dengan pekerjaan utama
Jika masih baru dalam menekuni bisnis usaha samping untuk mencari uang tambahan, maka usahakan sebisa mungkin agar selalu selaras dengan pekerjaan utama. Dalam hal ini memiliki arti usahakan dalam menjalankan usaha sampingan tidak mengganngu dan bentrok dengan pekerjaan utama. Namun jika ternyata kita telah berhasil dalam menjalankan bisnis sampingan dengan income atau pendapatan yang bukan termasuk kategori uang tambahan lagi alias penghasilan usaha sampingan lebih menjanjikan dengan pekerjaan utama maka kenapa tidak kita mulai serius menekuni usaha sampingan kita karena mungkin saja disini tempat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan dalam mengatasi masalah financial kita.

0 komentar:

Posting Komentar